Cara download dan instal aplikasi android tanpa akun google playstore

  • Whatsapp

Jika Anda pengguna Android, Google Play Store adalah cara paling aman dan nyaman untuk menginstal aplikasi, tetapi tidak menjamin itu benar-benar aman dan terlindungi. Google juga memiliki cela keamanan, sebagaimana dibuktikan dengan semua aplikasi malware dan spyware yang dihapus pada tahun 2020 yang menjiplak aplikasi lain, mengubah nama mereka, dan menyuntikkan malware. Namun, ada beberapa cara untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan jika Anda tidak ingin mendownload aplikasi melalui Play Store, atau aplikasi yang Anda inginkan tidak ada di playstore

Artikel ini akan menjelaskan cara mengunduh aplikasi Android Anda dari sumber selain Google Play.

Bacaan Lainnya

Ubah Pengaturan

image 70
source: amazon.com

Sistem operasi Android tidak mengizinkan Anda mengunduh aplikasi apa pun di luar Play Store secara default. Lagi pula, mengapa Google menginginkan opsi itu? Karena semua metode lain tidak dapat diandalkan, Anda harus menjelajah di luar Play Store dengan hati-hati.

Sebelum Anda mulai melakukan sideload aplikasi, Anda harus mengubah pengaturan sistem pada perangkat Android Anda. Ada dua metode berbeda, bergantung pada versi Android Anda.

Instal dari Sumber Tidak Dikenal di Android 8.0 Oreo atau yang Lebih Baru

  • Buka “Pengaturan” di menu aplikasi Anda.
  • Temukan dan pilih menu “Aplikasi & notifikasi” .
  • Ketuk “Lanjutan“.
  • Pilih “Akses aplikasi khusus“.
  • Tap “Instal aplikasi yang tidak dikenal“.
  • Pilih browser internet yang akan Anda gunakan untuk toko pihak ketiga.
  • Aktifkan “Izinkan dari sumber ini“.

Langkah-langkah di atas memungkinkan browser Anda mendapatkan aplikasi dari sumber selain Google Play. Android 8+ mengontrol izin penginstalan melalui aplikasi satu per satu, bukan semuanya sekaligus, jadi Anda perlu mengizinkan browser melakukan penginstalan.

Instal dari Sumber Tidak Dikenal di Android 7.0 Nougat, 6.0 Marshmallow, atau yang Lebih Lama

Dengan versi Android yang lebih lama (7.0 Nougat atau lebih rendah), sistem tidak membagi sumber. Sebagai gantinya, Anda harus memicu opsi untuk mengunduh file dari semua sumber yang tersedia.

  • Buka “Pengaturan” dari menu.
  • Tap “Keamanan“.
  • Aktifkan “Sumber Tidak Dikenal“.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, Anda akan memiliki akses ke APK apa pun yang ingin Anda instal , asalkan kompatibel dengan perangkat Anda. Opsi ini dapat membahayakan perangkat Anda karena memungkinkan semua sumber yang tidak dikenal untuk menyimpan file, bukan berdasarkan aplikasi. Jika ponsel cerdas Anda tidak cukup terlindungi, itu bisa terinfeksi.

CATATAN: Anda DAPAT menonaktifkan sumber yang tidak dikenal setelah penginstalan pihak ketiga selesai. Namun, pembaruan untuk aplikasi mungkin memerlukan opsi untuk diaktifkan kembali.

Tempat Sideload file APK

Android Package Kit (APK) adalah file yang dapat dijalankan untuk menginstal aplikasi Android. Play Store mengunduh dan menginstalnya secara otomatis untuk Anda. Saat menggunakan teknik sideload, Anda harus menemukan repositori yang sesuai.

Tiga Toko / Repositori Aplikasi Pihak Ketiga Android terbaik

Appstore resmi Amazon menawarkan aplikasi berbayar dan gratis yang tak terhitung jumlahnya. Anda juga bisa mendapatkan beberapa aplikasi premium secara gratis dengan hadiah dan promosi Amazon tertentu.

Aptoide adalah basis data APK raksasa tempat Anda dapat menemukan hal-hal yang tidak ada di Play Store. Tempat ini terdesentralisasi dan menghadirkan potensi risiko keamanan, jadi Anda harus selalu memeriksa ulang setiap unduhan sebelum membuka file.

APKPure memiliki lebih banyak kategori daripada Google play Store dan membawa banyak aplikasi populer, seperti TikTok, PUB Mobile, dll. Ada banyak filter untuk dipilih, dan fitur antarmuka pengguna grafis (GUI) yang ramah.

di situs tersebut anda bisa mengunduh aplkiasi kesukaan anda di sana, ketiga toko terswbut merupakan alternatif selain google play store.

Di mana Menemukan file APK Sideloaded

image 71
Source: amazon.com

Sebagian besar APK downloader seperti Aptoide atau APKPure akan menginstal aplikasi secara otomatis setelah Anda mengunduhnya, seperti di Play Store. Terkadang, APK akan disimpan ke folder unduhan pada ponsel Anda, yang dapat Anda aktifkan sendiri, dengan asumsi Anda tidak diminta untuk memasang aplikasi.

Untuk mengakses folder unduhan default di sebagian besar versi Android, lakukan hal berikut:

  • Ketuk aplikasi penjelajah file default Anda dari dalam menu aplikasi.
  • Arahkan ke folder “Download” . Di sini Anda akan menemukan semua file unduhan terbaru Anda.
  • Klik pada file APK aplikasi untuk memulai proses instalasi. Ikuti petunjuknya.

CATATAN: Aplikasi pembersih Android dapat menghapus file APK secara default untuk menghemat ruang. Jika Anda menggunakannya, pastikan untuk mengecualikan folder unduhan atau APK Anda secara umum.

Sebagai penutup, potensi risiko penginstalan aplikasi pihak ketiga adalah alasan mengapa Android tidak mengizinkan Anda mengunduh file dari sumber yang tidak dikenal secara default. Google Play Store masih merupakan cara paling andal untuk mendapatkan aplikasi Anda, tetapi tidak terlalu menjamin dalam hal keamanan. Terlepas dari itu, Anda mungkin tidak punya pilihan jika mencari aplikasi yang tidak tersedia di Play Store.

FAQ Penginstalan APK

Mengapa Anda ingin memasang aplikasi di luar Play Store?

Salah satu alasan untuk menggunakan toko aplikasi pihak ketiga di Android adalah karena aplikasi tertentu tidak mematuhi persyaratan dan persyaratan Google Play, tetapi itu tidak berarti bahwa mereka berisiko atau berbahaya. Alasan umum lainnya adalah pengembang menghemat uang menggunakan toko aplikasi pihak ketiga. Lagipula, Google memperoleh komisi dan pengeluaran lain yang besar, sebagian karena dominasinya dalam sistem operasi. Terlepas dari itu, masih ada risiko setiap kali Anda memasang aplikasi di luar Google Play. Mendownload aplikasi dari tempat selain Google Play dirujuk sebagai sideload.

Baru-baru ini, minat sideload meningkat lagi dengan popularitas global game Fortnite. Gim ini tersedia untuk Android, tetapi Anda perlu mengunduhnya dari situs web resmi, bukan dari Play Store. Tentu saja, keputusan ini adalah pilihan karena kebijakan dan biaya Google.

Seberapa Amankah File APK?

File APK umumnya aman jika Anda mengunduhnya dari sumber yang dapat dipercaya. Misalnya, cermin APK berisi file APK aman, tetapi itu adalah versi aplikasi Play Store yang lebih lama.

Di sisi lain, Aptoide adalah pengunduh sumber terbuka yang tidak disaring atau dikendalikan. Oleh karena itu, file berbahaya dapat lolos dari sana.

Anda selalu dapat memindai file dengan aplikasi antivirus di perangkat Anda sebelum membukanya. Namun, keandalan pemindaian antivirus tidak pernah 100%, dan setiap aplikasi keamanan memiliki metode deteksi dan database ancaman yang berbeda.

Pos terkait