Suka Haid Dua Kali Dalam Sebulan? Ini Dia Penyebabnya!

  • Whatsapp

 Menstruasi atau haid yang dialami oleh perempuan kadang suka datang dua kali dalam sebulan. Tapi jangan dulu panik, coba cari tau apa penyebab haid dua kali dalam sebulan.

031163800 1500638096 5 Kiat Menjaga Kesehatan Area Kewanitaan Saat Haid

Siklus haid yang normal itu antara 21 sampai 25 hari biasanya berlangsung 2 sampai 7 hari dalam sebulan. Saat ada perempuan yang memiliki siklus yang pendek, bisa dipastikan dia akan alami haid dua kali.

Bacaan Lainnya

Namun, jika tidak punya siklus haid pendek, tapi alami haid dua kali dalam sebulan mungkin ada beberapa faktor lain yang menyebabkannya.

Apa saja sebenarnya penyebab haid dua kali?

Stress tinggi bisa jadi salah satu alasan

Stress merupakan masalah paling umum yang berpengaruh pada perubahan siklus haid. Stress bisa menyebabkan haid tidak teratur, entah itu lebih sering atau semakin jarang dan juga bisa jadi menyakitkan.

Jika stress penyebabnya, maka Anda bisa mengikuti kegiatan meditasi, seperti yoga dan curhat dengan orang lain untuk mengelola stress.

Endometriosis

Endometriosis merupakan suatu kondisi abnormal pada sistem reproduksi perempuan di mana lapisan dalam dinding rahim “endometrium” tumbuh di luar rahim. Kondisi ini mengakibatkan haid menjadi semakin berat dan lebih sering.

Kondisi tersebut juga bisa jadi salah satu penyebab perdarahan di miss V dan siklus menstruasi yang tidak teratur, serta mengakibatkan haid yang menyakitkan disertai gejala seperti lelah, mual, sakit saat buang air besar dan ketika berhubungan intim.

Usai traveling

Untuk yang suka bepergian atau traveling dengan jadwal yang padat dan pergi ke tempat yang punya perbedaan waktu signifikan, bisa jadi penyebab siklus haid datang dua kali dalam sebulan.

Gangguan tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya, cukup dengan mengembalikan ritme kehidupan seperti biasa lagi saja.

Tahap awal menopause

Menopause biasanya dimulai dari usia 35 hingga 55 tahun.  Hal tersebut, bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur, bisa jadi lebih banyak atau lebih sering dari biasanya.

Bukan itu saja, terdapat tanda-tanda lain seperti hot flashes, miss V kering, berkeringat di malam hari dan sulit tidur.

Jika kondisi tersebut terjadi pada Anda, tidak banyak yang bisa di lakukan, maka segeralah untuk berkonsultasi pada dokter.

Itulah sejumlah penyebab haid dua kali  yang bisa dialami siapapun, jika Anda pernah mengalaminya jangan langsung panik ya, ketahui dahulu penyebabnya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *