Tips Membuat Koneksi Internet Stabil di HP Maupun Laptop

  • Whatsapp

Di tengah tingginya aktivitas di di rumah saat ini informasi terkait dengan cara membuat koneksi internet stabil semakin banyak dicari. Pasalnya berbagai pekerjaan yang dilakukan secara jarak jauh sangat tergantung dengan jaringan internet. Terkait dengan hal ini keberadaan koneksi yang lambat jelas menghambat berbagai pekerjaan.

Memang jenis operator yang kamu gunakan memiliki pengaruh yang sangat besar. Lebih dari itu ternyata banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat jaringan internet tetap stabil, baik di Android maupun di Laptop/PC.

Bacaan Lainnya

Berikut ini beberapa cara ampuh yang bisa kamu gunakan untuk membuat koneksi internet tetap stabil.

Tips Membuat Koneksi Laptop/PC Tetap Stabil

image 50
Tips Membuat Koneksi Internet Stabil di HP Maupun Laptop 3

1. Pilih Tempat Yang Memiliki Sinyal WiFi Yang Kuat

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat koneksi internet di PC tetap stabil yaitu dengan menempatkan lokasi WiFi yang tepat. Hal ini dikarenakan lokasi WiFi memegang peranan yang sangat penting untuk menghadirkan koneksi yang bagus. Untuk mendapatkan sinyal yang bagus, kamu bisa menempatkan router di beberapa tempat seperti berikut ini:

  • Jangan menempatkan router pada lokasi yang dihalangi tembok maupun besi.
  • Untuk koneksi yang lebih kencang, bisa memberikan tambahan alat berupa repeater, alat ini memiliki fungsi untuk menangkap sinyal WiFi dan mengalirkannya kembali. Ini sangat membantu jika posisi router tidak berdekatan dengan perangkat.
  • Jauhkan router dari beberapa perangkat seperti Bluetooth maupun microwave karena bisa menghambat sinyal WiFi.

2. Perhatikan Pengaturan OSnya

Untuk perangkat laptop maupun PC yang menggunakan sistem operasi Windows 8 maupun ke atas, secara otomatis sistem Windows akan membagi jaringan sebesar 20% untuk kebutuhan update serta 80% untuk kebutuhan akses internet. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan koneksi internet di laptop maupun PC.

  • Klik tombol start lanjutkan dengan klik run kemudian ketik “gpedit.msc” tanpa disertai dengan tanda kutip.
  • Lanjutkan dengan menuju bagian Local Computer Policy klik Computer Configuration dan klik Administrative Templates.
  • Klik bagian Network lanjutkan dengan QoS Packet Scheduler.
  • Double click pada bagian Limit Reservable Bandwidth.
  • Klik bagian menu Enable, kemudian isi angka 0 di bagian bandwidth limit.
  • Tekan apply.
  • Kemudian restart Laptop maupun PC.

3. Pilih Kanal dengan Konsumsi Daya Yang Rendah

Pemilihan kanal ternyata juga memberikan pengaruh terhadap koneksi Wifi. Pasalnya, sinyal WiFi dialirkan melalui kanal yang ada di ruang terbuka. Terkait dengan hal ini apabila dalam satu kanal terdapat beberapa jenis jaringan yang berjalan, hal ini menjadikan jaringan menjadi tumpang tindih satu sama lain.

Akibatnya menjadikan beberapa data hilang sehingga sinyal perlu di rebroadcast, ini memberikan pengaruh terhadap kecepatan internet.

4. Manfaatkan Software Yang Berguna untuk Analisa WiFi

Langkah selanjutnya untuk membuat koneksi internet stabil yaitu dengan menggunakan software tambahan untuk menganalisa sinyal WiFi. Kamu bisa menggunakan inSSIDer utility untuk mengetahui mana kanal yang memiliki pengguna paling banyak.

Setelah itu kamu bisa memanfaatkan software tersebut untuk mengatur bagian router yang kamu gunakan.

5. Perhatikan Letak Antena Router

Perlu diketahui posisi antena atau router ternyata memiliki pengaruh terhadap koneksi internet. Untuk mempercepat koneksi internet yang stabil, pastikan posisi router dalam keadaan berdiri. Pasalnya hal ini akan memudahkan sinyal yang dipancarkan ke perangkat.

Beberapa Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Android

image 52

1. Cek Sinyal WiFi

Tidak jarang ketika menggunakan smartphone Android sinyal WiFi lambat, hal ini tentu menghambat kebutuhan internet. Jika mengalami kondisi seperti ini penting sekali untuk melakukan pengecekan bagian sinyal WiFi. Untuk pengguna Android kamu bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi CloudCheck.

Aplikasi ini dibekali dengan sistem WiFi SweetSpots yang berguna untuk menganalisis apakah sinyal WiFi kencang maupun lambat.

2. Bersihkan Sampah dan Cache Secara Rutin

Junk dan cache merupakan “berkas sampah” penting untuk dibersihkan secara berkala dari smartphone. Jumlah sampah yang menumpuk ini memberikan pengaruh terhadap kinerja perangkat, termasuk koneksi internet. Untuk itu penting melakukan pembersihan secara berkala.

Cara membersihkannya langsung saja akses bagian setting – Apps & notification – storage – clear cache. Melakukan pembersihan sampah secara rutin bisa membuat koneksi internet menjadi stabil.

3. Instal Aplikasi Blokir Iklan

Sebagai pengguna smartphone android kamu tentu seringkali menjumpai banner iklan yang muncul secara tiba-tiba. Selain mengganggu, ternyata iklan ini bisa memberikan pengaruh terhadap kecepatan internet. Beberapa data menyebutkan konsumsi kuota untuk banner iklan ini lumayan besar.

Kamu bisa memberikan kinerja smartphone lebih optimal serta membuat koneksi internet stabil dengan memblokir beberapa iklan yang masuk. Caranya cukup mudah, kamu cukup melakukan instal aplikasi AdGuard Content Blocker yang bisa didapatkan secara gratis melalui Play Store.

Jika sudah berhasil mengunduh, segera aktifkan dan tunggu aplikasi bekerja. Selama ini sudah banyak review yang menyebutkan jika aplikasi ini mampu memblokir iklan secara optimal.

4. Hindari Penggunaan Widget

Beberapa pengguna android banyak yang menggunakan widget pada bagian homescreen. Widget banyak digunakan karena bisa memberikan informasi terkait dengan cuaca, tanggal, jam serta beberapa fungsi lainnya. Hal ini jelas memberikan manfaat nyata untuk kamu yang memiliki banyak aktivitas.

Menggunakan widget memang memberikan manfaat, namun dibalik kemudahan penggunaan widget ternyata bisa membuat baterai mudah terkuras. Bukan hanya itu saja, ternyata penggunaan widget bisa memperlambat koneksi internet. Pasalnya widget ini terus terkoneksi dengan penyedia data meskipun smartphone dalam keadaan yang standby.

Terkait dengan hal ini kamu bisa menonaktifkan widget dari homescreen sehingga koneksi internet lebih stabil. Langkah ini mungkin akan mengurangi performa homescreen kamu, tetapi lebih dari itu bisa memberikan akses internet yang lebih cepat dan stabil.

5. Close Beberapa Aplikasi Ketika Tidak Digunakan

Tidak jarang sebagai pengguna Android hanya menekan tombol back maupun home ketika selesai menggunakan aplikasi. Kebiasaan ini ternyata bisa membuat beban RAM menjadi bertambah. Akibatnya beberapa fungsi akan bekerja kurang optimal, termasuk jaringan internet menjadi kurang stabil.

Untuk itu pastikan kamu menutup keseluruhan aplikasi setelah digunakan. Kamu bisa mengklik bagian tombol recent apps serta swipe bagian aplikasi yang sudah tidak digunakan. Dengan ini maka kinerja RAM akan menjadi lebih lancar.

6. Reboot atau Restart Smartphone secara Rutin

Jika kamu merasa kinerja smartphone sudah tidak optimal, kamu bisa melakukan reboot maupun restart secara rutin. Tidak jarang ada beberapa smartphone yang mengalami kendala di bagian koneksi internet sehingga mengakibatkan koneksi menjadi lambat.

Terkait dengan hal ini, kamu bisa mengoptimalkan kinerja smartphone dengan melakukan reboot maupun restart secara rutin. Kegiatan ini apabila kamu lakukan secara berkala bisa membuat kinerja internet smartphone menjadi lebih optimal.

Koneksi internet memegang peranan yang sangat penting baik untuk pengguna laptop maupun smartphone. Untuk itu penting untuk mengoptimalkan jaringan menjadi lebih stabil. Kamu bisa melakukan beberapa cara membuat koneksi internet stabil di atas untuk kinerja perangkat lebih optimal. Selamat mencoba.

Pos terkait